Memanfaatkan pameran sebagai sebuah media pemasaran, membangun citra, dan memperluas relasi merupakan salah satu cara terbaik. Hanya saja sebuah perusahaan tidak akan dapat memperoleh target – target tersebut dengan keikutsertaan dalam sebuah pameran yang tanpa konsep dan persiapan. Bekerja sama dengan perusahaan yang bergelut di bidang penyelenggaraan pameran bisa menjadi salah satu pilihan. Pilihan tersebut bisa menjadi cara terbaik untuk dapat mengikuti pameran dengan persiapan cepat serta memperoleh efek terbaik. Pengalaman di bidang event marketing yang dimiliki serta tata kelola sebuah stand pameran menjadi hal penting yang dapat dimanfaatkan oleh pemilik atau pengelola usaha. Bekerja sama dengan perancang dan pembangun stand pameran yang menjadi bagian dari sebuah event management atau organizer akan menjadi sebuah keuntungan tersendiri, terutama dalam memadukan tampilan stand atau booth pameran dengan desain dan tema pameran secara keseluruhan. ROTE memiliki keunggulan tersebut dan bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin menyelenggarakan pameran. Berikut ini beberapa tips mempersiapkan pameran yang dapat dimanfaatkan pemilik atau pengelola usaha yang ingin memanfaatkan pameran untuk mengembangkan usaha.

Mempelajari Kondisi Pameran

Berkomunikasi dengan pihak event organizer menjadi hal yang sangat penting pada bagian persiapan ini. Mengetahui lokasi pameran hingga ukuran stand atau booth pameran yang disediakan merupakan hal yang sangat penting. Berdasarkan informasi yang didapat, maka perkiraan mengenai rancangan stand pameran hingga prediksi jumlah pengunjung bisa diperhitungkan. Perhitungan terkait demografi pengunjung juga menjadi hal penting sebelum memutuskan untuk atau mengikuti sebuah pameran. Hal ini tentu terkait dengan target konsumen yang dibidik agar sesuai dengan produk yang ditawarkan serta konsep pameran yang dibuat. Bergabung di pameran yang diselenggarakan oleh organizer pameran terpercaya dan memiliki reputasi baik sangat dianjurkan. Reputasi baik dari organizer biasanya terbangun dari keberhasilan menyelenggarakan pameran yang meriah, menarik, dan dikunjungi oleh banyak orang. Perkiraan jumlah pengunjung dan demografi yang sesuai dengan target konsumen merupakan 2 hal penting yang wajib diperhatikan oleh peserta pameran.

Mempersiapkan Konsep Dan Rancangan Display

Berdasarkan informasi terkait bentuk dan ukuran stand atau booth pameran yang diperoleh dari pihak event management, peserta pameran bisa merancang konsep dan merencanakan tampilan dari stand pameran. Bekerja sama dengan pihak tertentu yang menjalankan bisnis di bidang perancangan dan pembangunan stand pameran bisa menjadi pilihan. Workshop 88 merupakan stand builder yang menjadi bagian dari PT Ciptra Pisonindo Internasional di mana ROTE adalah sister company-nya. Bekerja sama dengan tim Workshop 88 ketika mengikuti pameran yang dikelola oleh ROTE dapat menjadi pilihan terbaik. Menyamakan konsep pameran menjadi lebih mudah sehingga dapat membuat stand Anda tampil lebih menarik. Pengetahuan dan pengalaman mengelola stand dengan ukuran yang digunakan pihak organizer juga menjadi nilai lebih lain yang sangat bermanfaat. Efektivitas dalam memanfaatkan ruang stand untuk memperoleh display yang menarik dan efisien dapat diperoleh dengan berkonsultasi atau menggunakan jasa pembuat stand yang baik. Dengan menggunakan jasa ROTE, Anda tidak perlu mencari kontraktor lagi untuk membangun booth untuk Anda.

Mempersiapkan Pola Acara Yang Menarik Dan Informatif

Sebagai sebuah kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan reputasi, citra perusahaan, dan tentu saja mencari konsumen baru, dibutuhkan perencanaan dan eksekusi jitu dalam mengelola acara pameran.  Kebanyakan peserta akan memanfaatkan acara pameran untuk menarik sebanyak mungkin konsumen. Memberikan diskon atau menawarkan produk baru merupakan pilihan yang dapat digunakan. Siapkan produk tertentu yang akan dijual dengan harga diskon atau siapkan paket produk yang dijual dengan harga diskon. Membagikan tester produk atau memainkan permainan yang memberi kesempatan bagi pengunjung mendapatkan hadiah juga akan membuat sebuah stand pameran lebih menarik. Merekrut staf pemasaran atau SPG yang menarik dan komunikatif juga sangat penting. Merancang staf pemasaran yang tampil dengan kostum atau penampilan menarik juga dapat meningkatkan animo pengunjung pada sebuah stand. Berkonsultasi dengan event organizer terkait staf pemasaran dan pola acara yang memungkinkan digelar di stand sangat dianjurkan.

Aktif Dalam Memberikan Penawaran Kepada Calon Konsumen

Salah satu hal penting dalam meraih keberhasilan memanfaatkan pameran untuk kegiatan promosi sangat terkait dengan aktivitas memberikan penawaran pada pengunjung. Melakukan aktivitas pemasaran di sekitar stand sangat dianjurkan. Pola jemput bola bisa meningkatkan peluang menjaring calon konsumen baru yang sebelumnya tidak tertarik untuk masuk ke dalam stand. Hal lain yang dapat dilakukan sebagai bagian dari program acara pameran adalah melakukan pendataan pengunjung yang masuk ke dalam stand. Hal ini penting terkait upaya menjaring pelanggan di masa mendatang. Data yang diperoleh kemudian dapat dimanfaatkan untuk program pemasaran selanjutnya. Menghubungi nomor telepon dari data pengunjung ketika memiliki produk baru dapat dijadikan rencana ke depan terkait pengumpulan data pengunjung pameran. Kegiatan tersebut dapat berhasil baik dan berdampak positif jika pemilik usaha mengikuti pameran dengan target konsumen yang sesuai demografi pengunjung sebuah pameran. Hal inilah yang membuat komunikasi dengan penyelenggara pameran terkait demografi pengunjung pameran menjadi penting agar event marketing tersebut sukses.